Hantu Kuntilanak

blogger templates
Kuntilanak adalah nama hantu populer di Indonesia dan Melayu. Asal nama "Kuntilanak" didapat dari bahasa Melayu "Pontianak" yang kemudian disebut "Kunti", namun lebih populer di Indonesia dengan sebutan Kuntilanak.

Hantu ini menurut cerita adala sesosok wanita yang meninggal saat sedang hamil, atau meninggal saat melahirkan.

Perawakan hantu kuntilanak adalah seorang wanita dengan rambut hitam panjang sepunggung terurai dan berbalut kain putih menutupi ujung kaki. Seringkali hantu ini memiliki lubang di bagian punggung, yang membusuk, sampai ususnya terlihat. Namun yang semacam itu sering disebut dengan Sundel Bolong.
Sundel Bolong

Hantu kuntilanak suka menyamar menjadi seorang wanita cantik nan anggun yang berjalan sendirian di tengah malam di jalanan sepi. Dia akan menghantui siapa saja yang menggodanya. Selain itu hantu kuntilanak juga suka menghantui ibu-ibu hamil. Untuk menangkis serangan kuntilanak para ibu hamil dipersenjatai dengan benda-benda tajam semisal paku, gunting, jarum. Yang paling ampuh adala paku, kuntilanak akan berubah menjadi wujud wanita baik-baik jika ditancapi paku di bagian tengkuk leher ataupun ubun-ubun.



Tanda-tanda di suatu tempat bersemayam hantu kuntilanak yakni dengan semerbaknya bau wangi bunga Kamboja. Kuntilanak suka tinggal di pohon-pohon besar, semisal pohon Waru.

Bunga Kamboja

Pohon Waru

Nah, kira-kira sudah menakutkan belum?

1 Response to "Hantu Kuntilanak"